Minggu, 09 Januari 2011

Bauran Communication Marketing

Bauran Komunikasi Pemasaran UKM Perajin Baju Batik

Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta. Jadi kesenian batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerjaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah perang dunia kesatu habis atau sekitar tahun 1920. Adapun kaitan dengan penyebaran ajaran Islam. Banyak daerah-daerah pusat perbatikan di Jawa adalah daerah-daerah santri dan kemudian Batik menjadi alat perjaungan ekonomi oleh tokoh-tokoh pedangan Muslim melawan perekonomian Belanda.
            Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing. Lama-lama kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga kraton, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria. Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai tediri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari: pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.

            Untuk memberikan rasa cinta dan rasa kagum dengan adanya berbagai ragam budaya yang ada di Indonesia maka masyarakat atau rakyat Indonesia Sekarang banyak  baju batik telah di pergunakan atau di kenakan oleh semua orang dari kelas social bawah sampai dengan kelas atas. Dan juga dari usia balita sampai juga usia lanjut banyak yang mengenakkan baju batik dari berbagi macam jenis serta kota asal tempat produksinya.

Promosi yang dilakukan  oleh para pengusaha ukm baju batik
Salah satu strategi promosi yang sering digunakan para pengusaha untuk mengenalkan produk mereka yaitu dengan mengikuti pameran. Pameran merupakan ajang untuk mengenalkan produk dan ajang untuk meningkatkan penjualan dengan menjaring konsumen sebanyak – banyaknya. Berkembangnya event pameran yang diadakan pemerintah maupun berbagai perusahaan event organizer, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usaha kecil. Sebagian besar UKM mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya, selain itu ketatnya persaingan bisnis juga memaksa mereka untuk mempromosikan bisnisnya ke pasar. Dengan adanya pameran, para UKM dapat mempromosikan produk mereka langsung dengan terjun melihat peluang pasar bagi produk mereka.






Penjelasan di atas merupakan salah satu bentuk promosi yang dilakukan melalui komunikasi pemasaran dengan cara Public Relation yaitu adanya perusahaan even orgainezer yang menjembatani ukm ini untuk sampai ke masayrakat melalui pameran – parmeran dan fashion yang diselenggarakan. 
 

Acra Fashion


 Acara Pameran
Dengan adanaya Fashion yang di tampilkan oleh para model terkenal maupun tidak secara tidak langsung telah menjual atau menawarkan baju batik ini kepada masyarakat yang melihatnya karena setiap acara atau even fashion yang nantinya akan diliput di media elektronik maupun di media cetak, cara ini sudah termasuk salah satu komunikasi pemasaran melalui advertaising.
Selain itu juga melalui even pameran ini perusahaan dapat mempromosikan produk baju batik tersebut melalau komunikasi pemasaran yang disebut dengan sales promotion serta galeri ini juga melakukan melalui direct marketing melalui jejaring social dengan menmafaatkan kecangihan teknologi internet. Dan untuk promosi yang dilakukan dengan personal saling tidak di ikut sertakan dalam strategi ini karena keterbatasan tenaga kerja atau SDM.
penulisan di atas merupakan cara suatu usaha ukm dalam memasarkan produknya melalui bauran komunikasi pemasaran ( comunicatiton marketing ).


Referensi :
www.google.com
www.antarafoto.com
www.adadiskon.com