Kamis, 07 April 2011

ANALISIS MANAJEMEN RITEL

STRATEGI
AM
G
FE
IM
WARUNG KELONTONG
1
Lokasi strategi
Dipinggir jalan, dekat dengan perempatan lampu merah
Di dalam Margo City
Dipinggir jalan, besebrangan dengan IM
Dipinggir jalan, besebrangan dengan FE
Di dalam perkampungan/tempat huni para warga sekitar
2
Kategori jenis yang dijual
-   Makanan ringan
-          Buah
-        Perlengkapan
-   Kebutuhan sehari-hari
-          Majalah
-          Rokok
-      Kebutuhan sehari-hari
-     Perlengkapan rumah tangga, kantor
-      Tanaman hias
-       Ikan, daging sapi/ayam, sayuran serta buah segar
-   Makanan ringan
-        Perlengkapan alat tulis
-          Kebutuhan sehari-hari
-          Majalah
-          Rokok
-         Makanan ringan
-          Buah
-        Perlengkapan
-          Kebutuhan sehari-hari
-          Majalah
-          Rokok
-          Makanan ringan
-         Kebutuhan sehari-hari
-    Alat elektronik seperti lampu, baterai
-          Rokok
3
Harga
Harga cenderung lebih murah dibandingkan dengan IM
Lebih murah dibandingkan dengan yang lain, karena G menjual dalam jumlah besar
Harga sesuai dengan pasaran, beberapa produk memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan AM & IM
Memiliki selisih harga sedikit dengan AM
Harga yang digunakan cenderung lebih mahal ± 5%-10% dari yang lain.
4
Komunikasi promosi
Iklan di televisi, radio serta menggunakan brosur
Iklan di televisi, radio, reklame dengan ukuran besar serta menggunakan brosur
 Neon box dalam ukuran kecil dan brosur.
Iklan di televisi, radio serta menggunakan brosur
Dari mulut ke mulut
5
Display for product
Tersusun sesuai dengan posisi (product facing) dan display saja
Tersusun secara display dengan menempatkan sesuai visual impact, visual balance dan posisi (product facing) sangat rapi
Secara display sesuai dengan posisi (product facing) dan visual impact
Tersusun sesuai dengan posisi (product facing) dan display saja
Tidak tersusun secara display
6
Customer Service
Ada
Ada
Tidak ada
Ada
Tidak ada
7
Etika
Penyambutan dengan memberi ucapan salam dan senyum dari kasir
Tidak ada penyambutan, namun seusai belanja si kasir akan mengucapkan terima kasih
Penyambutan dengan memberi ucapan salam
Penyambutan dengan memberi ucapan salam namun si kasir jarang tersenyum
Tidak ada



PERHATIAN....
Bersangkutan dengan data yang saya cantumkan diatas, saya minta maaf  kepada pihak – pihak yang terdapat dalam data perbandingan usaha ritel tersebut karena untuk kepentingan tugas mata kuliah dan sebagai syarat nilai.